31/03/17

7 Tips Membersihkan Kompor di Dapur



Hai gais, lagi sibuk apa nih ? Masih di kantor atau sudah pada pulang ? Hehehe. Saat tiba di rumah biasanya hal apa yang pertama kali dilakukan ya ? Waah jawabannya pasti bermacam-macam. Ada yang sibuk membersihkan rumah, kamar, atau merawat perabot. Nah kali ini kita akan membahas mengenai 7 Kiat Dapur Bersih dan Nyaman. Gais pasti setuju kalau dapur yang tertata akan memudahkan ketika nantinya akan digunakan. Terkadang orang melakukan dekorasi terhadap dapurnya agar cantik namun tidak dirawat dengan baik. Hal ini tentunya sangat disayangkan. Bisa jadi perabot-perabot pelengkap dapur yang sudah dimiliki jadi mudah rusak dan tidak dapat dipakai. Oleh karena itu membuat dapur bersih dan nyaman adalah sebuah keharusan. Yuk kita simak kiat-kiat merawat dapur berikut ini.

1. Tips Merawat dan Membersihkan Kompor
Kompor adalah salah satu perlengkapan dapur yang utama. Kompor hampir merupakan perlengkapan dapur yang paling sering digunakan. Dalam sehari bisa jadi kita menggunakan kompor hingga belasan kali. Memasak, merebus air untuk minum, merebus air untuk bahan makanan, menghangatkan makanan, menggoreng kue cemilan sore hari, membuat kopi panas di malam hari, semuanya membutuhkan kompor. Begitu seringnya kompor digunakan sehingga potensi untuk kotornya pun sangat besar. Beberapa hal yang seringkali membuat kotor kompor kita adalah minyak, bumbu masakan, hingga tumpahan air. Hal ini tentu sulit untuk dihindari walaupun kita sudah mencoba untuk berhati-hati. Lalu bagaimana solusi untuk merawat dan membersihkan kompor ? Ada 3 proses yang perlu dilakukan gais.

Proses yang pertama adalah kita cek apakah pada kompor yang akan kita bersihkan ini terdapat kotoran yang menempel, baik itu masih baru ataupun sudah kering. Biasanya kotoran yang menempel ini merupakan sisa bahan masakan yang tumpah, seperti potongan sayur, potongan mie, hingga bumbu kental yang mengering. Nah, apabila ditemukan adanya kotoran yang menempel maka Anda harus membuang dulu kotoran tersebut. Angkat kotoran yang menempel dengan kain bekas ataupun lap kotor hingga tersisa nodanya saja.


membersihkan kompor

Proses kedua adalah membersihkan sisa noda. Bagaimana caranya ? Apakah membutuhkan bahan khusus ? Oh jangan khawatir, kita dapat menggunakan bahan yang sangat mungkin kita miliki, yaitu minyak goreng, Yup, teteskan minyak goreng di atas permukaan yang masih bernoda secukupnya, tunggu sejenak, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap. Anda dapat menggunakan lap yang lebih bersih dari lap pertama. Kaos bekas adalah salah satu contoh yang bagus. Gunakan kaos bekas untuk membersihkan tetesan minyak pada seluruh bagian kompor yang kotor.

Proses terakhir setelah noda hilang adalah membersihkan sisa minyak dengan lap. Anda bisa menggunakan lap kanebo agar hasilnya maksimal. Sangat disarankan untuk membedakan antara lap kanebo untuk kompor dengan lap untuk perabot yang lain karena setelah digunakan untuk membersihkan minyak pada kompor maka sisa-sisa minyak akan menempel pada kanebo. Anda pasti tidak ingin sisa minyak tersebut menempel pada perabot lainseperti kulkas dan sofa kan, hehehe. Sekian tips pertama dari kami, semoga bermanfaat.